Saturday 27 July 2013

Inspirasi? Perhatikan Dua Kondisi

Cara mengaransemen lagu untuk setiap orang tentunya akan berbeda satu sama lain. Tergantung karakter orang yang bersangkutan. Terkadang ada yang senang mengaransemen langsung dengan vokal yang sudah direkam, menghapal dulu vokal lkemudian mengaransemen sambil menyanyikan vokalnya sendiri. 
Tentunya perlengkapan untuk mengaransemen pun mempengaruhi cara seseorang untuk mengaransemen musik, namun bagaimana pun cara mengaransemen musiknya yang utama dan paling utama ialah bagaimana kita mampu mencurahkan kreatifitas kita ke dalam lagu atau musik yang akan dibuat.
Ada 2 hal umum yang bisa dijadikan perhatian bagi sahabat Lagubagusku.com yang akan mengaransemen musik, yaitu :

  1. Kondisi Waktu, mungkin sahabat bertanya, mengapa waktu harus ditentukan dalam mengaransemen musik? Bagi beberapa orang mengaransemen musik merupakan hobi atau bahkan profesi. Namun, terlepas dari apakah itu hobi atau profesi tentu dalam proses mengaransemen diperlukan adanya ide atau inspirasi agar musik atau lagu yang kita buat memiliki kharisma daya tarik bagi pendengarnya. Di sini faktor waktu sangat berpengaruh bagi orang-orang yang bekerja secara moody, sulit berinspirasi, dsb. Bagi sahabat yang merasa demikian, cobalah untuk mengaransemen musik diwaktu-waktu yang berbeda yang sebelumnya tidak pernah dicoba. Karena, kemungkinan ketidakadaan inspirasi itu karena waktu yang tidak sesuai dengan mood untuk mendatangkan inspirasi. :-)
  2. Kondisi Tempat, tempat pun harus diperhatikan dalam mengaransemen lagu. Ada pribadi yang senang berpikir dalam keramaian, ada yang senang dalam kesunyian. Sekalipun proses aransemen kita lakukan di studio atau di kamar, tempat ini bisa dimanipulasi agar sesuai keinginan. Misalnya, saat mengaransemen musik, kita bunyikan sound efek seperti di pantai, di hutan atau mungkin tidak ada sama suara lain alias hening atau sunyi. Bisa kan demikian? Tentunya kondisi tempat ini pun harus diperhatikan.
Kedua hal tersebut bisa dijadikan perhatian terutama bagi sahabat yang sulit mendapatkan inspirasi, karena mungkin ada hal yang tidak sesuai baik menyangkut kondisi waktu atau kondisi tempat megerjakan proses pembuatan karya.
Namun kedua hal di atas tidak akan terlalu berpengaruh bagi mereka yang sudah mampu mendatangkan inspirasinya kapan pun dan di mana pun. Dan tentunya kemampuan untuk mendatangkan inspirasi ini dapat kita miliki dengan menambahkan motivasi yang kuat dalam proses pembuatan karya musiknya.
Itulah 2 hal yang menjadi faktor adanya inspirasi, mungkin terlihat sepele sehingga tulisan ini sepertinya tidak terlalu penting namun saya hanya menhingatkan saja karena saya yakin sahabat semua sudah barang tentu memperhatikan kedua hal tersebut kan? :-)
Akhir kata semoga tulisan ini bermanfaat. Aamiin.


Salam Kreatif,



Lagubagusku.com

No comments:

Post a Comment

Sampaikan komentar anda! Kritik dan saran yang membangun sangat kami nantikan demi perbaikan layanan Lagubagusku.com.