Saturday 10 May 2014

Tips Memanfaatkan Inspirasi

Saat ini perkembangan musik di Indonesia senantiasa silih berganti antara satu genre dengan genre lainnya, kemarin pop kemudian K-Pop dan kini dangdut selanjutnya berubah lagi dan begitu pun seterusnya. Begitu juga pergantian kepopupuleran sebuah grup band dan penyanyi yang senantiasa silih berganti.
Musik merupakan bahasa universal, ketika kita mendengarkan sebuah lagu yang syahdu dengan menggunakan bahasa yang walaupun tidak kita mengerti maka kita akan mampu memahami bahwa itu merupakan lagu sedih. Begitupun saat kita dapat mendengar lagu yang ceria walaupun kita tidak memahami arti kata dari liriknya. Hal ini menunjukan bahwa musik merupakan bahasa yang universal.

Namun, dengan universalnya sebuah musik bukan berarti kita harus mengesampingkan lirik atau syair yang kita ciptakan karena lirik juga memiliki kekuatan yang dapat memberikan kesan kepada para pendengarnya terutama mereka yang mengerti bahasa liriknya. Ada beberapa tips yang bisa sahabat ikuti untuk mempermudah kita berkarya dengan memanfaatkan inspirasi yang datang begitu saja. 
  1. Jika sahabat menemukan untaian kata yang indah dan berkesan segera tuliskan ke dalam sebuah catatan baik itu catatan di atas kertas maupun dalam note sebuah gadget atau handphone;
  2. Jika sahabat menemukan komposisi nada walaupun tidak ada kata-katanya segera rekam ke dalam gadget sahabat; dan
  3. Jika sahabat memiliki waktu luang segera lanjutkan inspirasi yang tertunda dan tersimpan di atas kertas atau pun di dalam gadget sahabat tadi.
Dengan demikian sahabat bisa terus berkarya tanpa adanya hambatan yang berarti. Karena apa? Karena sahabat memiliki gudang stok inspirasi yang akan terkumpul dalam catatan dan gadget yang sahabat gunakan. Dan seandainya dalam 1 minggu sahabat menyelesaikan 1 buah lagu, maka dalam 1 bulan menjadi 4 lagu dan dalam satu tahun akan tercipta 52 lagu. Kalau 5 tahun berapa lagu ya?

Jangan sia-siakan waktu. Setiap momen yang terjadi dalam hidup kita memang bisa saja terulang kembali. Namun waktu yang ada saat momen itu terjadi bukanlah waktu yang dulu pernah datang, karena waktu tidak akan pernah bisa kembali.

Salam Kreatif,



Lagubagusku.com

 
 

No comments:

Post a Comment

Sampaikan komentar anda! Kritik dan saran yang membangun sangat kami nantikan demi perbaikan layanan Lagubagusku.com.