Tuesday 13 May 2014

Tips Belajar Alat Musik

Halo sahabat lagubagusku.com!
Seperti judulnya, pada posting kali ini Lagubagusku.com akan berbagi tips seputar memilih alat musik yang cocok untuk dipelajari. Buat sahabat yang ingin belajar aransemen lagu atau aransemen musik tapi belum ada alat musik yang dikuasai baca artikel ini sampai selesai yah.
Dalam belajar alat musik hendaknya terlebih dahulu kita tentukan tujuan utama kita akan mempelajari alat musik. Misalnya, ingin belajar alat musik agar bisa mengiringi sendiri lagu ciptaan, mempelajari alat musik untuk menambah keterampilan saat bergaul dalam masyarakat, mempelajari alat musik untuk komersil dan sebagainya. Penentuan tujuan itu diperlukan agar waktu yang akan kita habiskan menjadi lebih efektif karena alat musik yang kita pelajari menjadi pendukung tujuan kita.

Langsung saja kita bahas tips belajar alat musik ini satu per satu.
  1. Tentukan tujuan, kemudian sesuaikan dengan alat musik yang bisa mendukung tujuan tersebut. Misalnya, tujuan pergaulan dan tujuan ingin mengiringi lagu ciptaan pilihlah alat musik yang mudah dimainkan sendiri yang berupa alat musik rytmik seperti gitar atau keyboard. Tujuan komersil bisa juga keyboard elektone, tujuan membuat band bisa memilih drum atau bass, dst. Tentu dalam menyesuaikan tujuan dengan alat musik yang dipilih ini akan terdapat perbedaan dari setiap orang namun point utama dari nomor 1 ini adalah agar kita bersemangat dalam mempelajarinya karena kita yakin alat musik yang dipilih dapat menunjang tujuan kita.
  2. Belajarlah dari banyak sumber dan awali dengan sebuah kesenangan dalam belajar. Dengan memperbanyak sumber belajar maka pengetahuan yang akan didapat menjadi lebih banyak.
  3. Untuk yang belajar secara mandiri atau otodidak disarankan untuk belajar lagu per lagu, maksudnya tuntaskan lagu yang sedang dipelajari hingga dikuasai. Untuk yang belajar melalui kursus cukup ikuti kurikulum yang telah disediakan.
  4. Beranilah tampil saat ada kesempatan dan tentunya ada kesiapan juga. Sehingga dalam mempelajari alat musik ini disarankan untuk menguasai lagu per lagu agar minimal saat ada kesempatan kita telah memiliki beberapa lagu yang matang dan siap ditampilkan.
  5. Banyak belajar dan jangan cepat puas. Bisa melanjutkan mempelajari alat musik yang sama namun ke level yang lebih tinggi atau mungkin mempelajari alat musik yang baru dengan catatan tetap sesuai dengan tujuan semula.

Baiklah demikian tips untuk kali ini. Bagi sahabat yang sedang belajar alat musik semoga cepat mahir dan tetap bersemangat. Bagi sahabat yang sudah mahir jangan lupa berbagi ya. :-)


Salam Kreatif,



Lagubagusku.com
Jasa aransemen musik online

No comments:

Post a Comment

Sampaikan komentar anda! Kritik dan saran yang membangun sangat kami nantikan demi perbaikan layanan Lagubagusku.com.