Tuesday 30 September 2014

Semangat Terus Berkarya

Halo sahabat Lagubagusku.com!

Kali ini kita tidak akan membahas cara mengaransemen atau tips mengaransemen, melainkan kita akan sharing seputar pembuatan lagu secara indie atau tanpa label. Nah, mungkin di sini banyak sahabat kita yang sangat aktif berkarya namun memang belum tersentuh oleh label. Bahkan ada yang memang lebih memilih untuk tidak bergabung dengan label manapun.

Ada beberapa hal yang menjadi alasan kita untuk bergabung dengan label dan tidak bergabung dengan label /  perusahaan musik. Seperti kita ketahui bersama, bahwa untuk masuk dan diterima dalam sebuah naungan label musik tidak lah semudah membalikan tangan, namun hal tersebut juga tidak menutup kemungkinan jika tiba-tiba seorang biasa ada yang bisa masuk ke dalam sebuah label karena keunikannya. 

Di dalam berkarya alangkah baiknya jika sebagai langkah awal dan bisa jadi sebagai langkah utama kita hendaknya menentukan sebuah tujuan. Ada banyak tujuan mengapa seseorang membuat sebuah karya, ada yang bertujuan dakwah seperti Bang Haji Rhoma, Tihamah Nasyid dan grup musik religi lainnya, ada yang bertujuan komersil yaitu yang mengejar sebuah label dan menargetkan penjualan lagu, ada yang bertujuan menghibur seperti para pemusik indie.

Para pemusik indie dianjurkan untuk lebih banyak mengeluarkan karya dibanding mereka yang telah bergabung dalam naungan sebuah label. Dengan semakin banyaknya karya, maka akan mempermudah langkah sang musisi selanjutnya. Bisa jadi dengan banyaknya karya akan semakin mengentalkan karakteristik musiknya, menambah pustaka musik bagi para pendengar sehingga sang musisi bisa menjadi refernsi kuat karena memiliki banyak karya, selain itu bahkan bisa menarik minat label untuk memboyong sang musisi, karena label melihat musisi tersebut sebagai musisi yang telah matang bila dilihat dari banyaknya karya yang dilahirkannya.

Sahabat, lagipula tidak ada salahnya kan kita senantiasa membuat karya, walaupun secara finansial kita belum seperti selebritis berlabel dan bermanajer. Namun, percayalah bahwa suatu saat mereka yang terus berkarya akan muncul ke permukaan dan dikenal oleh banyak orang, bahkan sekalipun sudah tiada karyanya akan tetap ada dan menjadi representasi keberadaannya di dunia. Bisa jadi orang terdekat kita lah yang akan merasakan manfaat dari karya-karya kita. Aamiin.

Perlu diingat, setelah kita berkarya hendaknya kita sampaikan karya dan pemikiran kita itu kepada khalayak, agar dapat diambil manfaatnya oleh orang lain. Saat ini sudah banyak sekali media yang bisa dipergunakan untuk menyebarkan karya-karya kita. Bisa melalui facebook, twitter, youtube, soundcloud, reverbnation, personal profil, dsb. Tinggal tergantung usaha kita untuk rajin melakukan promosi untuk mengajak teman-teman kita agar bersama-sama menikmati dan memberikan masukan terhadap karya-karya kita. Hal ini lah yang perlahan-lahan akan meningkatkan jaringan kita, dan mengangkat nama kita ke permukaan. 


Lagubagusku.com
Jasa Aransemen Musik dll.
Salam Kreatif

No comments:

Post a Comment

Sampaikan komentar anda! Kritik dan saran yang membangun sangat kami nantikan demi perbaikan layanan Lagubagusku.com.